Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 02 November 2014

Perbaikan di bengkel carport,mobil jd rusak parah dan tidak tanggung jawab

Bengkel carport,bengkel mobil gading serpong,carport karawaci

BENGKEL CARPORT di Gading Serpong di jl Kelapa gading selatan blok AJ 10/1

bengkel carpot,bengkel mobil gading serpong,bengkel mobil karawaci
 
RUKO LAGRICOLA blok A no 30-31 Gading serpong


bengkel carport,bengkel mobil gading serpong,bengkel mobil karawaci

Photo gear gardan yang gompal

BENGKEL CARPORT yang berada di GADING SERPONG DAN LIPPO KARAWACI merupakan bengkel yang cukup dikenal masyarakat luas,dengan web yang terindex di google dan yahoo,mempunyai berita yang sangat menarik,seolah sebuah bengkel yang profesional dan sangat berpengalaman dalam pekerjaan bengkel, Namun ternyata sebaliknya dari berita yang di paparkan dalam WEB nya.
Bengkel CARPORT merupakan bengkel yang bekerja tidak profesional,serta pemilik bengkel KIKI tidak pernah berada ditempat, serta mempunyai karwayan yang tidak dapat dipertanggung jawab kan sebagai wakil.
Demikian juga kepala bengkel ROBI yang tidak sepantasnya diangkat sebagai kepala montir,karna masih belum banyak pengalaman,terutama dalam hal menangkap kerusakan kendaraan atau apa penyebab kerusakan.
sehingga bila orang datang untuk perbaikan kendaraannya yang rusak,akan mengeluarkan biaya yang lebih besar dikarnakan yang diperbaiki bukan penyebab utamanya,semua ini disebabkan oleh kurang memahami dalam tehnik mesin otomotip, ditambah lagi dengan montir yang asal comot dan tidak mempunyai ijasa tehnik mesin ,yang ada hanya preman yang mengaku sebagai montir (alias montir gadungan.)


Pada tanggal 4 - 9 - 2014, saya datang ke BENGKEL CARPORT di Gading Serpong di jl Kelapa gading selatan blok AJ 10/1.untuk mengganti bearing Transmisi mobil Lancer yang sudah mulai berbunyi,dan sejumlah 7 buah bearing sudah saya siapkan. Sebelum saya serahkan kepercayaan pembongkaran terlebih dahulu saya menanyakan kepada kepala bengkel (Robi) "Apakah sudah biasa membongkar Gigi Transmisi?" Dan ia mengatakan sudah biasa.dan kendaraan dibongkar pada tempat bengkel carport yang satunya di RUKO LAGRICOLA blok A no 30-31 Gading serpong,karna ditempat ini mobil bisa menginap.

Akhirnya saya berikan kepercayaan kepada BENGKEL CARPORT untuk mengganti 7 buah bearing pada gigi susun transmisi tersebut. Namun setelah selesai pemasangan pada tanggal 10 - 9 -2014, ternyata timbul bunyi beradunya antara gigi susun pada transmisi setelah dijalankan pada gigi 1 (satu). Dan dikembalikan pada posisi netral ternyata gigi susun tidak mau kembali normal. Dan tetap berbunyi beradunya antara gigi.Penyebab ini dikarnakan kesalahan pemasangan sumpit pemindah gigi susun terbalik (kiri dan kanan) Saat itu juga saya memerintahkan untuk tidak dijalankan kembali takut gigi susunnya hancur total.

Namun kepala bengkel (Robi) membandal dan bilang mungkin pemasangan suf gardan tidak pas dan menjalankan kendaraan tsb sampai kebengkel yang satunya di jl Kelapa gading selatan blok AJ 10/1
Gading serpong
. . Sehingga sampai terjadinya gompal pada Gigi Gardan,setelah saya susul ternyata mobil sedang digantung dalam keadaan dihidupkan,dan saya menyetop untuk menghidupkan mobil tersebut pada montir dan Robi. karena saya sudah tidak percaya pada bengkel tsb, maka saat itu juga saya panggil mobil towing untuk mengangkat mobil tsb ke bengkel resmi Mitsubishi di Pluit untuk dibongkar ulang.dan atas persetujuan kepala bengkel (ROBI),pengangkatan mobil pun diurus oleh ROBI, SAmpai mobil diterima oleh bengkel mitsubishi pun dimonitor olehnya.
Dalam proses pembongkaran antara ROBI dan Kepala bengkel di MITSUBISHI pluit (pak DIDI), mereka saling berkomunikasi untuk mengetahui kesalah pasangan montir Carport.dan DAri MItsubishi juga mengirimkan PHoto kerusakan pada ROBI lewat BB, dan saya dapatkan photo ini djuga darinya,yang dikirim ke email saya.

Setelah pembongkaran ulang di Mitsubishi, terlihat cacat semua gigi susun transmisi dan Gompalnya 2 buah gigi Gardan. Semua ini akibat kasarnya kerja montir amatir (Dadan) yang tidak pengalaman, mengakibatkan patahnya Ring Suf. dikarnakan saat pemasangan boshing bearing dan as gigi susun diletakan langsung diatas bearingnya sehingga ring Suf patah dikarnakan tertekan oleh bearing saat pemukulan keras pada saat pemasangan Boshing bearing, karna mobil dijalankan sehingga patahan Ring Suf tsb keluar dari Crank cas dan terjepit pada Gigi Gardan yang mengakibatkan Gompal.

Setelah saya kembali ke BENGKEL CARPORT,untuk melaporkan masalah kerusakan ini, montir dan kepala bengkel seenaknya mengatakan di las saja. Dan tidak sanggup bertanggung jawab mengganti barang yang telah rusak akibat perbuatannya. Tanggal 24-9-2014, saya membuat surat penuntutan penggantian part yang rusak dengan cara musyawarah yang ditujukan kepada pemilik BENGKEL CARPORT (Kiki). Namun surat tersebut dimusnahkan oleh kepala bengkel Robi.

Tanggal 18-10-2014 surat tsb saya kirim ulang kembali dan diterima langsung ditangan wakil pemilik bengkel (Bapak Sugi).

Saat saya sedang membicarakan baik baik dengan Bapak Sugi sebagai wakil pemilik, tiba tiba datang Montir amatir (Dadan) dan menantang saya untuk berkelahi dan mengatakan saya memeras bengkel.karna tidak mau membayar pembongkaran kendaraan senilai rp. 800.000 ,- dan malah meminta ganti rugi kerusakan kata montir amatir. Padahal saya menuntut seadanya dan secara wajar. Karena barang tsb saya harus inden selama 2 bulan dari Mitsubishi Jepang langsung. Karena disini tidak tersedia barangnya.

Dasar montir bodoh dan tidak bisa baca gambar yang saya sudahsiapkan, dan tidak sadar bahwa dia telah merugikan saya dalam hal pengeluaran saya yang lebih besar yaitu pembelian part yang rusak sebesar rp.9.jt rupih untuk mengganti semua gigi susun dan gigi gardannya, serta penyewaan mobil perbulan rp.15.jt bila 1 bulan selesai, semua ini akibat bodohnya montir dan kepala montir .
Saya telah dirugikan yang sangat besar, namun pemilik bengkel KIKI tersenyum dan enak enakan tidurt anpa adanya tanggung jawab akibat perbutan karyawannya.

Seharusnya sebagai kepala bengkel atau pemilik bengkel malu dan sepantasnya meminta maaf atas perlakuan dan perbuatan montir serta kepala bengkel yang amatir kepada pelanggan.dan ini malah mencak mencak.

Saya akan pasang badan apabila saya melaporkan kepada pihak yang berwajib.kata montir dan kepala bengkel.karna semua ini dibebenkan kepada karyawan.

bila saya laporkan dikepolisian padahal BENGKEL CARPORT ini akan mendapatkan 3 poin pasal:
1. pasal tidak menyenangkan.
2. pasal kriminalitas atas penentangan montir.
3. bengkel Mall praktek

Sampai saat ini mobil masih di bengkel Mitsubishi Pluit menunggu kedatangan part tsb. Dan saya harus menyewa kendaraan sebagai pengganti kendaraan selama perbaikan sebesar rp.15.jt per bulan..

Sampai saat ini pemilik bengkel tidak ada tanggapan atas surat saya.dan pemilik bengkel tidak pernah datang ke bengkel tsb. bengkel hanya diserahkan pada karyawan yang tidak bertanggung jawab.

Saya pernah sms kepada pemilik bengkel di no 0818144422, Namun tidak adanya tanggapan sama sekali.

Saya sangat kecewa atas kejadian ini,dimana BENGKEL CARPORT mempunyai web yang tersebar di google dan yahoo.ternyata bengkel tersebut hanya kedok belaka dan bekerja tidak profesional. dan Pemilik BENGKEL CARPORT (KIKI) mengumpat tidak bertanggung jawab.

Teman saya juga pernah mengalami kerusakan elektrik mobilnya dikarnakan perbaikan yang salah pada bengkel Carport yang berada di LIPPO karawaci.dan saya dapatkan no telp darinya, karna semua karyawan menutupi no telp pemilik bengkel saat saya meminta no telponnya.

asal Bapak Kiki sebagai pemilik BENGKEL CARPORT mengetahui, bahwa 7 buah bearing tsb saya mengumpulkan selama 3 bulan untuk mendapatkan barang tsb dan import dari Jepang langsung. Dengan harapan mobil dapat sempurna kembali. Karena memang sengaja mobil tersebut sedang saya bangun kembali untuk dipakai sendiri.

Anda sebagai pemilik BENGKEL CARPORT (KIKI) tidak mau bertanggung jawab dalam hal ini, untuk saya tidak masalah,yang Kuasa sangat adil dan akan memberikan balasan pada anda cepat atau lambat.

Dengan turunnya berita ini harap menjadikan perhatian kepada pemilik kendaraan yang akan memperbaiki kendaraannya di ke 2 (dua) BENGKEL CARPORT yang berada di Gading Serpong.dan 1 di Lippo Karawaci.Cimone

Salam,
Antonius Wijaya
Gading serpong Tangerang

NB: Blog ini tidak akan pernah saya hapus,sebelum pemilik bengkel KIKI meminta maaf dan mengganti biaya pengeluaran part kendaraan yang rusak. dan terima kasih 


BUKTI SURAT PENUNTUTAN

SURAT PENUNTUTAN PENGGANTIAN PART

Yang bertanda tangan dibawah ini :   
                    
Nama                     : ANTONIUS WIJAYA
Alamat                   : SERANADE LAKE BLOK B8 NO 17.GADING SERPONG TANGERANG
Kendaraan            : Mitsubishi Lancer GLXI thn 1997
Warna                   : Silver
No Mesin             : 4G92701344
Rangka                 : CK4      snj000924
Masuk                  : Tgl 4 September 2014
Selesai                  : Tgl 10 September 2014
Pemindahan          : Ke Mitsubishi dealer Tgl 11 September 2014 diserahkan oleh Robbi untuk diperbaiki     ulang karena terjadi beradunya gisi susun yang tidak disebabkan tidak normalnya posisi AS gigi susun.
Dengan ini menyatakan penuntutan penggantian part yang rusak dikarnakan kesalahan pemasangan,serta penutupan crank cas dengan cara paksa,yang dilakukan oleh Montir belkel.

Kepada:
Nama                    :Bapak KIKI (selaku pemilik bengkel)
Nama                    : Bapak SUGI (selaku wakil pemilik bengkel)
Bengkel               : Carport
Alamat                 :Jl. Kelapa Gading selatan blok A 10 no 1 Gading serpong Tangerang

Penuntutan penggantian Part yang rusak dalah:
Gear garden no partydiff t/m Lancer MD 748682 yang GOMPAL dengan harga part tersebut senilai :
Bisa cek ke  MITSUBISHI SARINA JAYA telp 0213847282dengan bpk Devin.
Kondisi barang sudah di order dengan inden 1 (satu) bulan import.
Terjadinya 2 buah gigi garden yang gompal dikarnakan:
1. Kesalahan pemasangan sumpit pemindah gigi susun (terbalik kanan dan kiri)
2. Adanya ring saf yang patah dibagian as gigi susun yang berfungsi sebagai penahan BEARING AS GIGI SUSUN dan akhirnya terjepit pada gigi garden yang berakibat gompal.
3. Penutupan Crank cas dengan cara pemaksaan.(dengan cara membalik Crank cas dan dibantingkan kelantai dengan tujuan agar ring pengunci dapat masuk kedalam lubang bearing pengunci)
4.  Montir membiarkan pemasangan yang salah pada AS GIGI SUSUN.(tidak mau membongkar kembali untuk melihat dimana kesalahan memasangan as gigi susun,sehingga crank cas tidak dapat ditutup dengan cara normal)
5. Pemilik sudah miminta kepada KEPALA MONTIR,untuk memerintahkan kepada montir agar dapat dibongkar kembali dengan tujuan dapat mengetahui kesalahan pemasangan as gigi susun ,Namun Tidak dijalankan.
6. Montir menjawab dan mengatakan: "APA BILA BAPAK TIDAK PERCAYA PADA SAYA DAN JANGAN DIBAWA KE BENGKEL INI ".(akhirnya pemilik lepas pengawasan dan menyerahkan kepada kepala montir sepenuhnya)
7. Kepala montir menjalankan kendaraan secara berulang ulang dan membawanya ke bengkel di jl kelapa gading,setelah selesai pemasangan karna montir dan kepala montir memperkirakan dari hal yang lain,sehingga menjadikan kerusakan yang lebih parah.(Pada hal pemilik sudah memerintahkan untuk tidak menghidupkan mesin serta menjalankan kendaraan)
8. Pada saat mesin hidup dalam keadaan stasionirmesin dalam keadaan suara bersih.(tidak ada bunyi pergesekan gigi transmisi)
9. Pada saat dijalankan masuk gigi 1(satu) dan timbul suara beradu nya gigi susun, dan bila dikembalikan pada gigi NOL tetap terjadi pergesekan gigi susun.(yang mana seharusnya bila kembali ke posisi NOl gigi susun kembali ketempat yang benar,karna kesalahan pemasangan sumpit atau terbalik kanan dan kiri,dan posisi AS gigi susun tidak normal sehingga gigi susun tidak kembali normal yang mengakibatkan terjadinya beradunya diantara gigi susun tersebut)
10. Terjadinya Gompal pada Gear Gardan dikarnakan patahnya Ring suf penahan bearing, dan terjepit oleh Gear Gardan.(Mungkin patahnya dikarnakan pemasangan gigi susun diletakan terpasang pada bearing tempat as berdiam,sehingga patah dikarnakan pemukulan saat memasang bos bearing bambu tersebut,dan Bearing menekan Ring saf dan terjadinya patah yang tidak diketahui oleh montir)

Keterangan:
KEDATANGAN PEMILIK PADA BENGKEL DENGAN TUJUAN MENGGANTI 9 BUAH BEARING TANSMISI YANG RUSAK  AGAR SUARA  YANG TITIMBULKAN OLEH BEARING YANG TELAH RUSAK MENJADI NORMAL KEMBALI.
SEBELUM PEMBONGKARAN ,PEMILIK SUDAH BERTANYA TERLEBIH DAHULU,APAKAH MONTIRNYA SUDAH BIASA MEMBONGKAR PASANG GIGI TRANSMISI,DAN DIJAWAB OLEH KEPALA MONTIR KAMI SUDAH BIASA.

SEMUA GIGI SUSUN SUDAH DIPERIKSA OLEH MONTIR DAN DISAKSIKAN OLEH PEMILIK KENDARAAN DAN KEPALA MONTIR SEBELUM PENUTUPAN CRANK CAS.DAN SEMUANYA DALAM KEADAAN BAIK TANPA ADANYA CACAT PADA SEMUA GIGI SUSUN DAN GIGI GARDAN.

Pemilik kendaraan secara konsekwen membayar pekerjaan bengkel diluar pembongkaran transmisi diantaranya.
1. Pengurasan oil pompa power stering.
2. Pengurasan oil rem ( BILA SUDAH DIKERJAKAN)

ALASAN PEMILIK KENDARAAN MEMINDAHKAN KE BENGKEL RESMI MITSUBISHI:
1. Melihat tidak bagus cara kerja montir dan kepala montir.(diantaranya:memukul pada Crank cas dengan palu besi,menahan bagian perbatasan penutup crank cas dengan 2 buah obeng yang akan berakibat luka pada bagian join crankcase ,yang nantinya akan menjadikan keboran setelah pemasangan)
2. Pemilik kendaan menilai bahwa Montir dan Kepala montir kurang tanggap/berpengalaman dalam mengetahui kerusakan,atau suara yang ditimbulkan oleh penyebabnya.
3. Pemilik melarang untuk membongkar ulang  atas pertanggung jawaban kepala montir,dikarnakan kawatir akan rusak bertambah parah.sedangkan yang sudah dijalankan sudah membuat kerusakan yang lain dari tujuan penggantian bearing gigi susun..
4. Pada saat melepaskan gigi susun hanya diberikan tanda pada bagian atas gigi susun,dan tidak memberikan tanda peletakan urutan gigi susunnya,1 , 2 ,3 , 4 dan seterusnya.
5. Montir bingung dalam pemasangan ulang gigi susun,dan pemilik melihat ada kesalahan cara pemasangan gigi susunnya sehingga pemilik ikut turun tangan memberikan petunjuk cara pemasangan dan memberikan arahan pemasangan gigi susunnya  berdasarkan dari petunjuk gambar part mitsubhisi,selanjutnya diserahkan kepada montir hingga selesai.
6. Montir tidak dapat membaca gambar part yang diberikan oleh pemilik sebagai pemandu.
7. Kepala montir kurang tegas dalam memerintahkan tugas kepada montir,dan membiarkan montir bekerja pada pekerjaan yang salah, dan tidak dapat berfikir efek yang terjadi setelah pekerjaan selesai serta akan merugikan consumer dengan waktu dan biaya.
Demikian surat penuntutan pengantian part yang rusak dikarnakan kesalahan pemasangan dari pihak montir bapak dengan cara musyawarah,agar dapat dipergunakan sebagai mana mestinya.

Jakarta 24 September 2014

Hormat kami                                                                                                  TEMBUSAN:
                                                                                                                        Bapak Sugi (Wakil pemilik)
                                                                                                                               
ANTONIUS WIJAYA

Previous
Next Post »

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.